Tips Karir: Menjaga Etika Pergaulan di Tempat Kerja

By | 14/05/2014

Tips Karir: Menjaga Etika Pergaulan di Tempat Kerja – Pernahkah Anda mengalami suatu hal yang teramat sangat membosankan ketika berada di tempat kerja? Perasaan tidak nyaman, gundah, suntuk, dan berbagai perasaan lain yang bercampur aduk menjadi satu. Yang pada intinya adalah sebuah perasaan yang membuat Anda bosan dan serasa ingin cepat keluar dari situasi ini.

Pada taraf tertentu, mungkin terbersit dalam pikiran Anda, untuk keluar kerja. tapi setelah dipikir-pikir lagi, sepertinya Anda belum siap ketika harus meninggalkan pekerjaan yang sekarang. Serba salah memang.

Banyak faktor memang yang menyebabkan Anda berada dalam situasi yang tidak nyaman ini. Yang salah satu sebabnya, bisa jadi disebabkan oleh hal yang sebenarnya sepele, yaitu bisa jadi Anda, atau rekan kerja Anda yang tidak memperdulikan etika pergaulan di tempat kerja.

Tips Karir: Menjaga Etika Pergaulan di Tempat Kerja

Saling Memahami

Bagaimanapun juga, rekan-rekan kerja kita di kantor adalah manusia juga. Manusia yang memiliki perasaan. Sebagaimana manusia pada umumnya, mereka semua, termasuk Anda juga sangat membutuhkan adanya saling pengertian dari sesama rekan kerja. Adanya perasaan saling memahami akan tugas dan fungsi masing-masing, perasan ingin dibantu, perasaan ingin diperhatikan, dan lain sebagainya.

Ketika terjadi konflik, hendaknya masing-masing pihak bisa saling manahan diri. Turunkan ego masing-masing. Bukankah menambah jumlah teman pergaulan itu akan lebih utama? Tidak akan ada orang yang ingin mencari musuh. Sikap legowo dan bisa menerima keadaan orang lain adalah sebuah sikap ksatria yang sesungguhnya.

Ingat Tujuan Utama

Hendaknya, satu karyawan dengan karyawan lain yang sama-sama bekerja dalam satu perusahaan bisa saling memahami akan tugas dan kewajibannya masing-masing. Bahwa keberadaan mereka di perusahaan adalah untuk mendapatkan benefit dari perusahaan. Tidak bisa dipungkiri itu. Dan apa yang diberikan perusahaan tentunya dipengaruhi sebarapa banyak sumbangsih yang Anda dan rekan-rekan kerja lain yang diberikan kepada kemajuan perusahaan.

Baca juga:  LOWONGAN KERJA

Ketika kinerja perusahaan secara keseluruhan menunjukkan peningkatan, toh yang akan  mendapatkan kebaikan juga karyawan juga. Maka, akan sangat mustahil, kinerja perusahaan akan meningkat pesat, ketika karyawan yang ada saling mencela, terjadi persaingan yang tidak sehat, penuh intrik saling menjatuhkan.

Ingatlah ke tujuan awal, bahwa kita bekerja adalah untuk memajukan perusahaan yang nantinya juga akan berimbas pada benefit yang kita terima. Tunjukkan karya terbaikmu, niscaya Engkau pun akan mendapatkan yang terbaik!

Perlunya Manajemen Konflik

Ketika konflik menjadi suatu hal yang tidak dapat dielakkan, maka jajaran manajemen perusahaan perlu sigap menagkap hal ini. Disinilah pentingnya peranan ketua atau kepala unit tertentu yang menangani bagian tertentu. Ia harus peka terhadap apa yang sedang terjadi pada bawahannya. ia harus menjadi orang yang arif dan bijak dalam mengambil keputusan. Arif sekaligus sigap.

Jangan biarkan konflik terjadi berlarut-larut. Karena hal itu malah akan membawa perusahaan pada ambang kehancuran. Segera selesaikan konflik sedini mungkin sebelum ia merembet terlalu jauh yang akan makin sulit penyelesainnya nanti.Jika ia tidak bisa mengatasi, bukankah ia punya atasan lagi. Begitu seterusnya.

Semoga bermanfaat.

Jangan lupa, follow kami di Twitter @KarirLampung dan Facebook KarirLampungDotCom. Semoga informasi Lowongan Kerja di KarirLampung.com yang kami sajikan ini bermanfaat dan bisa membantu mengurangi jumlah pengangguran di Lampung.


  1. Sebelum melamar lowongan kerja ini, pastikan lowongan belum expired! Perhatikan tanggal kadaluarsa dan juga tanggal posting lowongan kerja ini. Saat melamar, sebutkan Karir Lampung sebagai sumbernya. Terima kasih.
  2. Kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya apapun di dalam rekrutmen di situs lowongan kerja lampung ini. Jika ada pihak-pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan tertentu yang meminta imbalan atas rekrutmen, bekerjasama dengan biro perjalanan tertentu misalnya, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah penipuan! Waspadalah!
Baca juga:  Lowongan Kerja PT. Mitra Manajemen Bisnis Solusindo

Lowongan Menarik Lainnya: