|  | 

Lainnya

Inilah Gaji Karyawan Indonesia Dibandingkan Negara ASEAN Lainnya

img-responsive
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

KarirLampung.com – Per 18 November 2014 yang lalu, pemerintah secara resmi menaikkan harga BBM sebesar Rp 2000 per liternya. Kenaikan itu berlaku untuk BBM jenis premium dan solar. Sontak, akibat kenaikan harga BBM ini memicu naiknya berbagai harga kebutuhan pokok lainnya, termasuk transportasi.

Akibat naiknya berbagai kebutuhan pokok ini, buruh pun menjadi semakin kelimpungan. Praktis, gaji yang didapatkan selama 1 bulan pun semakin susah untuk diterapkan guna memenuhi kebutuhan harian. Harus pintar-pintar memanage, agar gaji yang sedikit itu bisa mencukupi kebutuhan selama 1 bulan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Banyak pihak yang setuju atas kenaikan BBM ini. Mencontoh Malaysia, mereka beralasan, bahwa Malaysia juga akan menaikkan harga BBM per 1 Desember 2014 ini. Di Malaysia, konon juga akan dinaikkan menjadi sekitar kisaran Rp 8500,-. Sekilas ini alasan yang masuk akal. Tapi perlu diketahui, bahwa standar gaji karyawan di Malaysia sangat berbeda jauh dengan karyawan Indonesia.

Gambar ilustrasi (inmobiliaria20.com)

Rata-rata gaji pekerja per bulan di Malaysia adalah US$ 979,2 atau Rp 11,87 juta. Bandingkan dengan standar gaji karyawan Indonesia, rata-rata gaji per bulannya Rp 3,67 juta. Dengan harga BBM yang sama, maka karyawan di Malaysia masih sangat leluasa mengalokasikan gajinya untuk kebutuhan BBM. Bagaimana dengan karyawan di Indonesia?

Sekedar diketahui, bahwa ternyata standar gaji karyawan Indonesia termasuk yang terendah di ASEAN. Hanya setingkat lebih tinggi dibandingkan Kamboja dan Laos. Silakan simak data berikut ini untuk detil standar gaji karyawan di beberapa negara ASEAN sebagaimana dimuat Liputan6.com (23/11/2014):

1. Singapura
Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 2.951 atau Rp 35,8 juta

2. Brunei
Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 1.339 atau Rp 16,26 juta

3. Malaysia
Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 979,2 atau Rp 11,87 juta

4. Thailand
Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 520,2 atau Rp 6,31 juta

5. Myanmar
Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 367,6 atau Rp 4,5 juta

6. Filipina
Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 351,88 atau Rp 4,3 juta

7. Vietnam
Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 305,16 atau Rp 3,7 juta

8. Indonesia
Rata-rata gaji pekerja per bulan: Rp 3,67 juta

9. Kamboja
Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 207,47 atau Rp 2,52 juta

10. Laos
Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 175 atau Rp 2,12 juta

Jangan lupa, follow kami di Twitter @KarirLampung dan Facebook KarirLampung Official. Semoga informasi Lowongan Kerja Terbaru di KarirLampung.com yang kami sajikan ini bermanfaat dan bisa membantu mengurangi jumlah pengangguran di Lampung.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  1. Sebelum melamar lowongan kerja ini, pastikan lowongan belum expired! Perhatikan tanggal kadaluarsa dan juga tanggal posting lowongan kerja ini. Saat melamar, sebutkan Karir Lampung sebagai sumbernya. Terima kasih.
  2. Kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya apapun di dalam rekrutmen di situs lowongan kerja lampung ini. Jika ada pihak-pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan tertentu yang meminta imbalan atas rekrutmen, bekerjasama dengan biro perjalanan tertentu misalnya, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah penipuan! Waspadalah!

ABOUT THE AUTHOR

Cari Lowongan Kerja

Lowongan kerja untuk:

Follow Me

Lowongan Kerja

Partner

Lowongan Kerja